Petugas Upacara Sumpah Pemuda Perwakilan OKP & Karang Taruna

Petugas Upacara Sumpah Pemuda  Perwakilan OKP  & Karang Taruna

LEBONG, Bengkulu Ekspress– Untuk membangkitkan semangat dan menumbuhkan rasa kebersamaan membangun Kabupaten Lebong, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) menggandeng seluruh Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan Karang Taruna, dalam melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018.

Dimana salah satu upaya awal yang dilakukan yaitu dalam upacara bendera memperingati hari sumpah pemuda yang akan dilaksanakan pada hari Senin (29/10) mendatang. Disparpora menunjuk masing-masing 1 orang perwakilan OKP dan Karang Taruna yang ada di Kabupaten Lebong, menjadi petugas upacara.

Dimana nantinya ditunjuk satu persatu yang dimulai dari komandan upacara, pemimpin upacara, pasukan pengibar bendera, pemimpin doa, pembaca teks sumpah pemuda dan yang lainnya. Penunjukan sendiri dilakukan saat dilaksanakannya rapat bersama antara Disparpora Lebong dengan seluruh OKP dan Karang Taruna yang ada di Kabupaten Lebong, di aula Disparpora, kemarin (19/10).

Kepala Disparpora Kabupaten Lebong Frans L Julai Simanjuntak SE, melalui Sekretaris Disparpora Neti Herawati, mengatakan, setiap tahun memperingati hari Sumpah Pemuda, selama ini petugas diambil dari anggota Paskibraka atau yang lainnya.

“Nah untuk itulah di tahun 2018 ini, kita ingin semua OKP dan Karang Taruna di Kabupaten Lebong bisa menjadi petugas,” jelasnya, kemarin (19/10).

Dengan menjadi petugas bersama-sama, diharapkan dapat membangkitkan semangat para pemuda yang ada di Kabupaten Lebong, untuk berkarya dan bertindak dalam membangun Kabupaten Lebong secara bersama-sama, sehingga terwujudlah kabupaten yang diharapkan para pemuda selama ini. “Dengan menjadi petugas upacara, mereka akan merasakan rasanya bersatu karena menjadi petugas tidak akan berhasil jika dilakukan individu dan harus bekerja bersama,” tuturnya.

Menyikapi hal tersebut, salah satu organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten Lebong, Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Padriano SSos, sangat mendukung apa yang telah dicetuskan pihak Disparpora yang melibatkan seluruh OKP dan Karang Taruna untuk menjadi petugas upacara dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018 ini. “Sumpah Pemuda sendiri memiliki makna keberagaman dan ke-Bhinekaan. Nah salah satunya dengan bersama menjadi petugas bendera ini telah menunjukan adanya keberagaman, namun bisa bersatu,” ujarnya.

Untuk itulah, dengan kegiatan ini nantinya, dirinya berharap bisa menjadi awal persatuan dan kesatuan seluruh OKP dan Karang Taruna yang ada di Kabupaten Lebong, untuk bisa bersatu dan bersama-sama dalam keikutsertaan untuk membangun Kabupaten Lebong. “Mudah-mudahan kedepan kita semua bisa bersatu, terutama untuk Kabupaten Lebong,” tutupnya.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: